Minggu, 15 Agustus 2010

Site Plan Pembibitan Reintroduksi


Pembibitan Subbidang Reintroduksi terletak di Vak XXIV.C yang sebelumnya terkenal dengan nama ‘kandang badak’. Areal pembibitan ini terletak di bagian ujung (sebelah utara-timur) Kebun Raya Bogor yang memiliki luas sekitar 1.3 Ha.

Areal pembibitan subbidang reintroduksi memiliki beberapa bagian antara lain; bangunan kantor, bedengan display, saung paranet, saung kerja, kolam, areal stok bibit, dan beberapa prasarana lainnya.
Pada bagian depan dapat kita jumpai display tanaman penghijauan dan display tanaman langka. Tanaman penghijauan terdiri dari tanaman kayu yang memiliki sifat dapat mengkonservasi tanah dan air. Sedangkan tanaman langka merupakan tanaman yang terancam kepunahan.

Salah satu atraksi menarik di areal pembibitan subbidang reintroduksi adalah bunga bangka jenis Rafflesia padma.

Saung paranet digunakan untuk memelihara bibit yang masih kecil yang masih membutuhkan naungan. Setelah bibit dewasa ditandai dengan tinggi lebih dari 1.5 m, maka bibit dipindahkan ke bedengan.

Terdapat 8 saung paranet yang masing-masing terdiri dari 6 bedengan. Dari 8 saung paranet tersebut terbagi menjadi 2 bagian, yaitu; 4 saung untuk bak semai dan 4 saung untuk bedeng adaptasi.

Pada areal pembibitan subbidang reintroduksi dilakukan berbagai metode perbanyakan vegetatif dan generatif. Cara vegetatif yang dilakukan antara lain stek batang, penyambungan, dan okulasi. Sedangkan cara generatif antara lain biji, umbi, dan tunas.

Fasilitas untuk mendukung aktivitas pekerjaan di areal pembibitan reintroduksi salah satunya adalah saung kerja. Fungsi saung kerja antara lain sebagai tempat pengepotan, pencampuran media, dan istirahat. Terdapat pula kolam yang berfungsi sebagi pengairan cadangan ketika sumber air utama (Sungai Ciliwung) tidak berfungsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar